Rabu, 27 Mei 2009

PARA NABI KITA BERSAUDARA


Dalam Kitab Al-Qur'an :

Nabi adalah suatu hasil pemilihan dan penunjukan langsung dari Allah terhadap salah seorang dari sekian banyak manusia dimuka bumi ini yang ditunjuk atau terpilih sebagai utusan (Rasul), mereka menerima atau membawa risalah melalui wahyu dari Allah berupa kabar gembira dan pemberi peringatan serta memberikan kesaksian untuk disampaikan kepada ummatnya agar mereka selamat dan tidak sesat maupun celaka dalam menempuh hidup di dunia ini. Sebenarnya jumlah nabi itu banyak sekali, namun yang terdapat dalam Kitab Al Quran dicantumkan 25 nabi, mereka itu sebagai contoh dan merupakan wakil dan saksi dari masa kurun waktu yang mereka jalani mulai dari masa nabi Adam AS sebagai awal kisah kehidupan manusia di dunia ini sampai dengan nabi Muhammad Rosul Allah sebagai penutup kenabian sesuai menurut ajaran agama Islam. Para nabi yang tercantum dalam Alquran tadi membawa risalah kenabian dan kenyataannya ajaran agama yang dibawah mereka dapat mendominasi sebagian besar agama-agama di dunia yaitu Yahudi, Nasrani dan Islam dimana ummatnya tersebar hamper meliputi seluruh dunia. Ini adalah sangat ajaib dimata kita dan merupakan skenario goib sehingga kita yakin bahwa Allah adalah Tuhan sekalian alam, tiada Tuhan selain DIA.


Kitab Alquran : Al Ahtab 45-48 : “ Ya Nabi, sungguh AKU mengutusmu menjadi saksi dan pembawa Kabar gembira serta pemberi peringatan untuk menjadi penyeru (dakwah) kepada agama Allah dengan IzinNYA dan untuk jadi cahaya yang menerangi. Sampaikan berita gembira kepada orang-orang mukmin bahwa sesungguhnya bagi mereka karunia yang besar dari Allah. Dan janganlah kamu menuruti orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, jangan kamu hiraukan gangguan mereka dan bertaqwalah kepada Allah dan cukuplah Allah sebagai pelindung.


Adam adalah nabi pertama dan kisahnya sebagai kafilah pertama yang diciptakan Allah di muka bumi ini tersebut dalam Kitab Alquran Albaqoroh 30 :
Dan ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat “ Sungguh AKU akan ciptakan dimuka bumi khafilah (Adam), mereka menjawab mengapa ENGKAU ciptakan (Khafilah) di muka bumi itu orang-orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan suka menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji ENGKAU dan mensucikan ENGKAU ? Tuhan berfirman sesungguhnya AKU mengetahui apa yang tidak kamu ketahui “.


Jumlah nabi dan rasul sejak nabi Adam AS sampai dengan nabi Muhammad Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Dzaar Alghifari oleh Imam Ahmad Bin Hambal sebagai berikut :

Abu Dzaar bertanya wahai Rasulullah siapakah nabi pertama ? Rasul menjawab Adam “ Aku (Abu Dzaar) bertanya apakah dia seorang nabi ? Rasul menjawab benar dia adalah nabi yang diberi wahyu. Aku (Abu Dzaar) bertanya wahai Rasul berapa jumlah rasul semuanya ? Rasulullah menjawab 315 rasul jumlah yang sangat banyak. Dalam riwayat lain dari Abu Usamah disebutkan “Abu Dzaar bertanya wahai Rasulullah berapakah jumlah nabi seluruhnya ? Beliau menjawab 124.000 orang dan 315 diantaranya adalah rasul (HR Ahmad).


Dalam Injil Barnabas Fasal 17 :

20) Yesus menjawab : Sesungguhnya dalam Kitab nabi-nabi telah tertulis banyak perumpamaan, akan tetapi tidak mesti engkau ambil secara huruf, tetapi harus dengan makna.
21) Karena semua nabi-nabi berjumlah seratus empat puluh ribu yang telah diutus oleh Allah ke bumi, telah berbicara dengan kesamaran dan kiasan-kiasaan.
22) Akan tetapi akan tiba sesudahku cahaya semua nabi-nabi dan manusia-manusia suci, maka akan tersorotlah cahaya tas segala kesamaran yang dikatan oleh nabi-nabi.
23) Karena dia adalah Rasul Allah.
24) Dan ketika sampai pada ucapannya ini, bernafas panjanglah Yesus kemudian dia berkata :
25) Belas kasihanilah Israil Tuhan Allah dan lihatlah dengan belas kepada Ibrohim serta turunannya, agar mereka berkidmat kepadamu dengan keikhlasan hati.
26) Maka para murid menjawab : Hendaklah terjadi demikian Tuhan Allah.
27) Dan berkatalah Yesus “ sesungguhnya kukatakan kepadamu bahwa Ahli Taurat dan para ulama telah membatalkan syariat-syariat Allah dengan nubuat-nubuat palsu mereka yang bertentangan dengan nubuat para nabi-nabi Allah yang jujur.


Dalam Kitab Alquran Al Mukmin 78 :

Dan sesunggunhnya telah KAMI utus beberapa rasul sebelum kamu, diantara mereka ada yang tidak KAMI ceriterakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat melainkan dengan seizing Allah, maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang yang berpegang kepada yang bathil.


Dalam Kitab Al Quran An Nahl 36 :

Dan sungguh KAMI telah mengutus rasul pada tiap-tiap ummat (untuk menyeru) sembahlah Allah (saja) dan jauhilah Thagut (sesembahan selain Allah) itu, maka diantara ummat itu ada orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula diantaranya orang-orang yang pasti sesat. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikan bagaimana keadaannya orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul tersebut).


Jumlah para nabi yang disebut dalam Kitab Al Quran sebanyak 25 orang dan ternyata mereka semua bersaudara, ini dapat dilihat pada silsilah keturunan mereka mulai dari nabi Adam AS sampai dengan nabi Muhammad SAW. Kenyataannya sekarang ummat pengikut para nabi tersebut yang terbesar misalnya kaum Nasrani, Yahudi dan Muslim jumlah populasinya mendominasi jumlah seluruh ummat manusia di dunia ini sebagian dari para nabi tersebut membawa risalah dan peninggalan Kitab Allah sesuai dengan ayat Kitab Al-Qur'an surat Al-Baqoroh (2-5) :

2. Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.
3. Mereka beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang KAMI menyerahkan kepada mereka.
4. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Alquran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelum kamu serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.
5. Mereka inilah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

0 komentar:

THEOLOGI ISLAM © 2008 Por *Templates para Você*